Salah satu topologi jaringan komputer populer adalah topologi hibrida. Topologi ini memiliki keuntungan atas topologi yang lain, tapi, ada beberapa kelemahan juga. Tapi terbukti menjadi salah satu yang terbaik. Baca terus untuk mengetahui bagaimana dan mengapa …

Dalam sebuah jaringan komputer, ada link dan node yang terhubung ke satu sama lain. Pola seperti ini disebut sebagai topologi jaringan. Hal ini dibagi menjadi topologi fisik dan topologi logis. Ketika seseorang sedang berbicara tentang node, link, perangkat, lokasi, dll, sebenarnya mengacu pada topologi fisik. Di sisi lain, ketika seseorang berbicara tentang mentransfer data dalam jaringan, maka akan mengacu pada topologi logis. Ada banyak jenis topologi fisik , point-to-point yaitu topologi, topologi bus, topologi ring, topologi mesh, topologi hybrid, dll klasifikasi topologi ini dibuat berdasarkan hubungan antara node yang berbeda dalam jaringan. Pilihan menggunakan topologi tertentu tergantung pada berbagai faktor. Setiap topologi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa itu Topologi Hybrid?

Kombinasi dari dua atau lebih topologi yang berbeda untuk membuat topologi hybrid. Ketika topologi dasar yang berbeda yang terhubung ke satu sama lain, mereka tidak menampilkan karakteristik dari setiap topologi satu tertentu. Ini adalah ketika itu menjadi topologi hibrida. Hal ini dipilih, jika ada lebih dari dua topologi dasar di tempat kerja dan ini harus dihubungkan satu sama lain. Ketika ada suatu topologi bintang yang terhubung topologi bintang ke yang lain, masih tetap merupakan topologi star. Namun, ketika sebuah topologi bintang dan topologi bus yang terhubung ke satu sama lain, menimbulkan pembentukan topologi hibrida. Seringkali ketika topologi yang terhubung ke satu sama lain, tata letak dari topologi yang dihasilkan sulit dipahami, bagaimanapun, topologi yang baru ini bekerja tanpa masalah.

Hybrid Topologi: Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan dari Topologi Hybrid
Salah satu keuntungan menonjol dari topologi hybrid adalah fleksibilitas. topologi ini dirancang, sehingga dapat diterapkan untuk sejumlah lingkungan jaringan yang berbeda. Seringkali itu adalah kombinasi dari konfigurasi yang berbeda, karena yang bekerja sempurna untuk jumlah yang berbeda dari lalu lintas jaringan. Menambah koneksi perangkat lainnya adalah mudah, karena node baru dan / atau periferal dapat dihubungkan ke topologi dan kata topologi dapat dihubungkan dengan topologi hybrid dengan mudah.

Jika dibandingkan dengan topologi yang lain, topologi ini sangat bisa diandalkan. Ini memiliki toleransi kesalahan yang lebih baik. Sejumlah topologi berbeda dihubungkan satu sama lain, dalam kasus masalah, menjadi agak lebih mudah untuk mengisolasi topologi berbeda dihubungkan satu sama lain dan menemukan kesalahan dengan topologi hybrid. Ketika link tertentu dalam jaringan rusak, itu tidak mengganggu kerja jaringan.

Setiap jenis topologi dapat dikombinasikan dengan yang lain tanpa membuat perubahan apapun pada topologi yang ada. Kecepatan topologi konsisten, karena menggabungkan kekuatan dari masing-masing topologi dan menghilangkan kelemahan. Hal ini juga karena itu, lebih efisien.

Keuntungan yang paling penting dari topologi ini adalah kelemahan dari topologi berbeda dihubungkan diabaikan dan hanya kekuatan dipertimbangkan. Walaupun itu topologi yang sangat rumit, di antara yang paling efektif dan efisien.

Kerugian dari Topologi Hybrid
Karena topologi yang berbeda datang bersama dalam suatu topologi hibrid, topologi pengelolaan menjadi sulit. Hal ini juga sangat mahal untuk menjaga. Biaya dari topologi ini adalah lebih tinggi dibandingkan dengan topologi lainnya. Faktor Biaya dapat dikaitkan dengan biaya hub, yang lebih tinggi, karena harus terus bekerja dalam jaringan bahkan ketika salah satu dari node turun. Biaya pemasangan kabel juga meningkat, karena banyak kabel harus dilakukan dalam topologi ini.

Instalasi dan konfigurasi topologi sulit. Karena terdapat topologi berbeda, yang harus dihubungkan satu sama lain. Pada saat yang sama, itu harus memastikan bahwa tidak satupun dari mereka gagal dan ini membuat instalasi dan konfigurasi yang sangat sulit.

Jika ada dua atau lebih dari dua topologi di tempat, yang Anda ingin terhubung ke satu sama lain, maka yang terbaik adalah untuk memilih topologi hybrid dan tidak khawatir tentang perubahan struktur topologi keseluruhan. Berbeda dengan semua topologi yang lain, ia memiliki banyak keuntungan dan kerugian yang lebih rendah, dan Anda pasti akan ingin memanfaatkannya.

About these ads